Rabu, 07 Desember 2016

Pengertian Bootable dan Booting

Bootable

Bootable merupakan sebuah fasilitas yang ada pada setiap sistem operasi, dimana ditempatkan pada media penyimpanan yang berupa flashdisk, CD/DVD ROM atau media penyimpanan lainnya. Mengapa dinamakan dengan bootable? Karena sistem operasi akan melalui first boot menggunakan sebuah media penyimpanan. Booting yang dilakukan harus melalui tahapan-tahapan yang benar, misalnya saat akan mengatur pengaturan pada BIOS. Pada
BIOS tentunya harus ditentukan sesuai dengan media apa yang akan digunakan nantinya, apakah itu Harddisk, CD/DVD ROM, Flashdisk atau media penyimpanan lainnya. Pengaturan seperti itu dapat dilakukan pada menu boot kemudian set boot order setelah itu tinggal atur first boot atau booting awal.

Booting 
Booting adalah suatu proses perjalanan penyalaan komputer awal sampai pengambilalihan sistem operasi secara penuh terhadap perangkat. dalam istilah sederhana dalam komputer Boot berarti menjalankan komputer. setelah Power komputer dihidupkan proses boot berlangsung. proses ini membuat petunjuk startup dari rom komputer diikuti dengan me-load sistem operasi dari Boot Disk. 
 Sumber: 
http://alimasdar.blogspot.co.id/2013/02/pengertian-bootable-operating-system.html 
http://www.sulaidihasibuan.com/2015/09/pengertian-booting.html
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar