Selasa, 06 Desember 2016

Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangan Syimbian, dan Linux

Symbian

SYMBIAN adalah sistem operasi yang tak bebas bergerak yang dikembangkan oleh Symbian Ltd yang dirancang untuk peralatan bergerak seperti mobile. Saat ini Symbian OS banyak telah banyak digunakan oleh berbagai vendor produk peralatan komunikasi MOBILE pada berbagai jenis produk mereka yang bervariasi. Variasi dari sisi hardware ini dimana Symbian OS diimplementasi dapat dimungkinkan karena sistem operasi ini memiliki antarmuka pemprograman aplikasi (Application Programming Interface; API).

Kelebihan. Symbian terbilan OS yang paling laris pada tahun 2007 sampai 2010 kemarin karena memang belum ada yang menandinginya waktu itu. Symbian juga terbukti bisa tampil baik pada ponsel dan dirancang untuk multimedia, hampir semua aplikasi yang kompatibel bisa dipasang disana. Symbian adalah besutan dari nokia yang tidak diragukan lagi kualitasnya. Symbian merupakan os yang dapat dimanipulasi semua yang ada didalamnya, atau istilah kerennya di modif atau modding, symbian dapat dibentuk atau gampangnya dirubah tampilannya sesuai selera namaun untuk ini memang butuh orang yang cukup berpengalaman untuk bisa memodif sampai sejauh itu. Symbian mampu bersaing dengan pesaing pesaing kelasnya, yaitu sony ericson, samsung dan lg.

Kekurangan. Pada saat beberapa tahun lalu mungkin symbian yang paling populer, namun tidak untuk saat ini, symbian merosot dengan adanya os baru besutan dari merek dagang yang lain, seperti iphone atau yang paling berat yaitu blackberry yang sudah sangat populer saat ini. Karena symbian isinya atau konfigursi systemnya hampir sama dengan komputer, symbian rentan terkena virus. Tentu saja virus ponsel, kadang juga virus dari komputer tapi biasanya tidak terlalu berbahaya sampai yang berbahaya sampai ponsel tidak bisa dihidupkan lagi. Symbian terbilang hampir tersisih saat ini karena mungkin mulai tahun 2013 nokia tidak mengeluarkan ponsel symbian lagi karena telah digantikan dengan windows mobile besutan nokia.


Linux 

 PENGERTIAN LINUX
Adalah software sistem operasi open source yang gratis untuk disebarluaskan di bawah lisensi GNU. Linux merupakan turunan dari unix dan dapat bekerja pada berbagai macam perangkat keras koputer mulai dari inter x86 sampai dengan RISC.

Dengan lisensi GNU (Gnu Not Unix) Anda dapat memperoleh program, lengkap dengan kode sumbernya (source code). Tidak hanya itu, Anda diberikan hak untuk mengkopi sebanyak Anda mau, atau bahkan mengubah kode sumbernya.Dan itu semua legal dibawah lisensi. Meskipun gratis, lisensi GNU memperbolehkan pihak yang ingin menarik biaya untuk penggandaan maupun pengiriman program.


    Kelebihan

  1.     Bersifat open source, bebas dan terbuka. sehingga tidak perlu biaya untuk mendapatkannya. LISENSI FREE  dan boleh di utak atik semaunya.
  2.     Linux sekarang sudah mudah di operasikan. kalo dulu pengguna linux identik dengan para hacker, tapi sekarang orang awam pun sudah banyak yang menggunakannya.
  3.     Hampir semua aplikasi yang biasa dijalankan di windows, sudah ada aplikasi linuxnya yang dikembangkan oleh komunitas linux atau bisa juga menggunakan software emulator.
  4.     Memiliki pengamanan yang lebih unggul karena di desain multiuser sehingga apabila virus menyerang user tertentu, akan sangat sulit menyebar ke user lainnya.
  5.     Cocok untuk PC yang memiliki spesifikasi minimum karena linux membutuhkan resource yang lebih kecil dibandingkan Windows.
  6.     Linux dapat berjalan di dua mode.
  7.     Jarang crash atau nge-hang yang mengharuskan kita untuk merestart komputer karena linux lebih stabil.
  8.     Memiliki komunitas di berbagai penjuru dunia.
  9.     Terdapat beragam pilihan seperti Ubuntu, Fedora, Debian, Centos, RedHat, Opensuse, Mandriva, dan sebagainya.
    Kekurangan
  •    Banyak user yang belum terbiasa menggunakan linux.
  •    Dukungan hardware dari vendor-vendor tertentu yang tidak terlalu baik pada linux.
  •    Proses instalasinya tidak semudah windows.
  •    Aplikasi di linux belum seampuh aplikasi windows.
  •    Bagi administrator sistem yang belum terbiasa dengan Unix-like, maka mau gak mau harus belajar dulu.
  •    Struktur direktori dan hak akses yang membingungkan bagi user yang terbiasa menggunakan windows.
 Sumber: 
http://muhamad-irvansah.blogspot.co.id/2012/11/pengertian-os-symbian.html
http://barkahtroox.blogspot.co.id/2013/02/pengertian-linux-sejarah-linux.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar