Rabu, 07 Desember 2016

Pengertian Freeware, Shareware, Malware, dan Firmware

Freeware

Yang dimaksud Freeware adalah software atau aplikasi yang diperoleh secara gratis yang dapat didownload dan digunakan tetapi mempunyai batasan hak pencipta. Umumnya disertai syarat software tersebut tidak boleh memodifikasi. Terdapa juga yang disertai syarat harus untuk kepentingan non-komersial. Namun syarat mutlak suatu software disebut Freeware adalah tanpa batasan jumlah dan waktu pemakaian. Konten Freeware isinya bermacam-macam. Ada yang berupa software (aplikasi), source code, engine web (wordpress, CMS, phpBB), eBook (dokumen).

Shareware 

Pengertian Shareware adalah software gratis, dapat di download dan digunakan oleh pengguna. Akan tetapi penggunaan software tersebut ada batas waktunya, jika pengguna merasa softwarenya bagus, maka diharuskan membeli. Shareware sering dibatasi lamanya waktu pakai (misalnya trial 30 hari), atau jumlah software tersebut dijalankan (misalnya 30 kali), atau feature-feature tertentu yang tidak bisa diakses. Sesudah masa ujicobanya berakhir, software bisa saja terkunci atau bisa saja tetap berfungsi sebagaimana mestinya dan tetap terbatasi.

Malware
Malware (singkatan dari istilah Bahasa Inggris malicious software, yang berarti perangkat lunak yang mencurigakan) adalah program komputer yang diciptakan dengan maksud dan tujuan tertentu dari penciptanya dan merupakan program yang mencari kelemahan dari software.


Firmware

Pengertian Firmware adalah perangkat lunak atau bisa disebut sebagai program yang bersifat tetap, yang tertanam pada unit perangkat keras seperti alat-alat elektronik, alat telekomunikasi dan komponen-komponen komputer. Tidak ada batasan yang jelas yang dapat memisahkan antara firmware dan software, hal ini dikarenakan keduanya merupakan istilah deskriptif yang cukup luas.

Namun meskipun begitu, firmware pada awalnya diciptakan sebagai perangkat lunak dengan tingkat yang lebih tinggi, firmware yang tetanam pada sebuah perangkat keras dapat diubah tanpa harus mengganti komponen dari perangkat keras itu sendiri.

Sumber:
http://www.temukanpengertian.com/2013/06/pengertian-freeware.html
http://alinaprilian.blogspot.co.id/2012/11/pengertian-freeware-shareware-open.html
http://malware851.blogspot.co.id/2012/12/pengertian-malware_4.html
http://www.mandalamaya.com/pengertian-firmware-dan-contoh-firmware/

1 komentar: